Clock

Kamis, 26 Juni 2014

TUGAS SOFTSKILL INDIVIDU " ORGANISASI & METODE #"





          
BAGAIMANA MEWUJUDKAN IMPIAN ANDA





TUGAS SOFTSKILL ORGANISASI & METODE#
                                                NAMA         : YANTI SUHESTI
NPM            : 39113396
KELAS       : 1DB02
DOSEN        : YUNNI  YUNIAWATY



ARTIKEL
BERI PIKIRAN ANDA INFORMASI PENGHASIL  KESUKSESAN DAN BERHASIL

P
ikiran anda luar biasa kompleks. Namun pikiran bekerja dengan cara tiga langkah yang sederhana. Pertama ,pikiran mengambil informasi (apa yang anda lihat ,dengar ,cium,kecap dan rabah ). Selanjutnya ,pikiran mengolah informasi ini (bagaimana apa yang saya rasakan berhubungan dengan saya). Ketiga ,setelah pemrosesan informasi ini,otak anda menyampaikan kepada anda tindakan apa yang harus diambil untuk menanganinnya.
Misalnya, pikiran anda menyampaikan kepada anda bahwa akan turun hujan (memasukan informasi). Anda tidak ingin menjadi basah(pemrosesan informasi). Maka ,anda mengenakan jas hujan (tindakan terhadap informasi yang sudah diproses).
Dalam membangun satu kehidupan yang sukses atau yang gagal,pikiran anda mengambil informasi,memprosesnya ,dan kemudian secara sadar dan tidak sadar menyampaikan kepada anda apa yang harus dikerjakan. Pehatikan bahwa apapun yang anda kerjakan atau katakana dimulai dengan masukan informasi atau apa yang anda ijinkan masuk dalam pikiran anda.
Sebuah klise dari masa modern seringkali terdengar disekitar orang-orang yang bekerja dengan computer(da pikiran manusia merupakan prototype dari mesin-mesin itu)adalah ,”bila sampah yang masuk, maka sampah pula yang akan keluar.” Memasukkan data yang tidak benar atau buruk,maka informasi yang dip roses akan salah arah. Akhirnya, tindakan yang diambilterhadapa data yang diproses menjadi tidak benar, atau “ sampah”.
Lihatlah secara positif,bila kita memasukkan data yang benar,kita bisa mengahrapkan untuk memperoleh hasil yang akurat. Satu langkah kunci dalam mencapai lebih banyak adalah menjamin jenis informasi yang benar yang dimasukkan kedalam pikiran anda untuk pemrosesan yang nantinya akan member hasil tindakan yang tepat.
 Lindungin pikiran anda: itu adalah asset anda yang bernilai multi juta dollar
Misalkan anda memiliki emas bernilai jutaan dollar. Apakah anda akan melindunginnya ?tentu saja ,dan dengan hati –hati. Anda mungkin mempunyai peralatan elektronik yang dipasang ,para penjaga sewaan, menjamin keselamatannya,atau mengambil tindakan apapun yang anda rasa diperlukan.
Sekarang pikiran anda bernilai jauh lebih besar dari sejuta dollar. Pikiran anda adalah sumber daya eksklusif dari semua yang anda ciptakan secara spiritual dan secara materialistis dalam kehidupan anda. Tingkat kebahagiaan anda,keamanan ,sumbangan anda pada orang lain, mimpi-mimpi anda,semuanya dating dari satu tempat –pikiran anda.
Namun apakah kita lindungin pikiran kita dengtan sama hati-hatinya sepertikita melindungi aset fisik kita(yang, tentu saja, dating dari pkiran pada mulanya)?jawabannya adalah tidak. Kita membiakan segala macam informasi sampah psikologis menembus proses pikiran kita.
Secara khas ,orang-orang membiarkan gossip ,omong kosong ,berita skandal ,pembunuhan,penggelapan,kebangkrutan ,penyogokan ,dan berbagai informasi negative lainnya untuk masuk dalam computer mental mereka. Dan sebagai hasilnya ,terlalu banyak orang yang merasa ,bertindak ,dan bahkan kelihatan begitu suram. Mereka itu sebenarnya gagal menurut standard apapun yang kita pilih untuk gunakan.
Racun- piran tentang “ dunia yang buruk dan menyedihkan akan berakhir” berasaldari dua sumber(1) orang-orang yang menjadi rkan kita sehari-hari –para penembak jitu pribadi –dan (2)media –penembak jitu masal.keduanya biasa membatasi, bahkan menghancurkan ,kesempatan anda meraih cita-cita anda mendapatkna lebih banyak.
Berikan berita yang baik dan dapatkan keuntungan
Sebagian dari proses komunikasi adalah mengambil informasi-apa yang anda dengar ,lihat, baca,dan dialami. Bagian lain dari komunikasi adalah mengeluarkan informasi –apa yang anda tulis ,perlihatkan,dan jelaskan. Nah , sekarang ini ada satu aturan mutlak untuk menangani informasi yang anda sampaikan kepada orang lain: beri penekanan pada hal positif dan abadikan yang negative. Dan kata lain, kalau anda tidak bisa mengatakan sesuatu yang baik mengenai orang lain atau tempat atau pengalaman ,tutup mulut anda ! luangkan tiga atau empat menit untuk mempelajarin contoh-contoh ini.
Saat anda berbicara----bahkan percakapan Basa basi----- bicarakan kabar baik,jangan pernah kabar buruk.
Mungkin setiap orang ingin menjadi seorang pembicara yang lebih baik. Namun seringkali orang melakukan hal ini dengan car yang salah. Izinkan saya menggambarkannya. Saya berbicara didepan banyak konvensi. Sebelumnya saya berbicara, saya ingin memperoleh perasaan enak di antara pendengar, saya berusaha agar telinga saya tetap terbuka dan mulut saya tertutup. Hampir pasti selalu saya menemukan kasak-kusuk yang terdengar negative. Berikut ini adalah beberapa contoh dari percakapan basa-basi yang saya curi dengar sebelum saya berbicara disebuah konvensi di DALLAS baru –baru .
Ada seseorang yang memburuk-burukkan DETROIT “kota terburuk di mana saya pernah tinggal. Tidak ada musim semi. Hanya musin dingin.,musim panas dan setengah musim gugur !saya tidak bisa tahan ditempat itu.”
Yang lain membahas tentang ekonomi .” keadaan tidak pernah seburuk ini sebelumnya. Saya memilih orang itu ,tapi bila dia tidak menjadikan segala sesuatunya lebih baik dengan segera ,dia tidak akan mendapatkan suara saya lagi.
Kemudian saya mencuri dengar seorang wanita yang berbicara tentang tour kota. “Saya tidak melihat apapun  yang saya suka. Dan tempat dimana kita makan siang  kemarin ,benar-benar tidak menyenangkan .”
Berikutnya ,saya berpindah pada seorang lelaki dengan sepak bola dalam pikirannya. “Pelatih baru itu harus pergi. Kalau saya mengelolah bisnis saya seperti cara dia menjalankan timnya,saya sudah bangkrut bertahun-tahun yang lalu.”
Percakapan basa-basi memang memiliki tempat tersendiri. Percakapan basa-basi berguna dimana orang-orang seringkali seperti orang asinng terhadap sesamanya. Tapi percakapan basa-basi tidak perlu menjadi percakapan negatif. Menjelek-jelekan tentang kota ,akademik ,pelatih ,presiden ,pemandangan tour ,dan selusin hal lainnya ,mungkin kelihatan cerdik. Tapi bukanlah demikian kenyataannya. Itu negatif , buruk m,merusak dan bercita rasa rendah. Dan percakapan basa-basi hampir selalu mengambil bentuk yang sangat bersifat opini dan tegas.
Jarang sekali percakapan itu diungkapkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaa(seperti yang ada dalam semua percakapan yang baik), seperti ,” Apa pendapat anda tentang ....?”
Apa menurut anda solusi yang baik untuk...?”
“Apa yang paling anda sukai mengenai.....?”

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar